top of page
Search
  • norvaN3

Pentingnya Menguasai Peran Alat Keselamatan Kerja K3



Alat keselamatan kerja k3 merupakan sarana mencegah kecelakaan, kematian, cacat ketika bekerja di area beresiko tinggi. Keselamatan kerja menyangkut seluruh proses produksi dan distribusi baik jasa maupun barang.


Keselamatan kerja merupakan tugas semua orang yang bekerja. Keselamatan kerja untuk setiap tenaga kerja serta masyarakat pada umumnya. Tindakan keselamatan kerja bertujuan untuk menjamin kesempurnaan dan keutuhan baik secara rohani serta jasmani.


Hasil kerja dan budaya tertuju ada kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Keselamatan kerja manusia meliputi, mencegah adanya penyakit akibat pekerjaan, mencegah terjadinya kecelakaan, mencegah terjadinya cacat, dan mengurangi kematian.


Semuanya memang berhubungan dengan peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan umat manusia. Program keselamatan kerja yang baik dalam industry atau sekolah merupakan program terpadu dengan pekerja sehari-hari. Sehingga sulit untuk dipisahkan dengan satu lainnya. Harga perlengkapan untuk kru kapal tidak terlalu mahal, apalagi jika membeli dalam jumlah besar.


Dasar undang-undang alat keselamatan kerja k3


Dasar keselamatan kerja di indonesia diatur dalam undang-undang nomor satu tahun 1970 mengenai keselamatan kerja. Jadi keselamatan kerja berhubungan erat dengan peningkatan produksi serta produktivitas, hal tersebut atas dasar.


Tingkat keselamatan kerja tinggi, kecelakaan yang menjadi penyebab sakt, kematian, cacat. Hal tersebut bisa dikurangi dengan menerapkan alat keselamatan kerja k3, sehingga pembiayaan yang tidak diperlukan bisa dihindari.


Tingkat keselamatan tinggi sejalan dengan pemeliharaan serta penggunaan peralatan kerja dan mesin produktif. Tugas keselamatan kerja serta persyaratan kerja bukan hal yang bisa dipisahkan. Dalam menjalankan tugas tersebut, perlu adanya koordinasi dengan beberapa petugas.


Dibutuhkan kerjasama dari semua orang yang terlibat dalam pekerjaan sangat diperlukan dalam mencegah kondisi tidak aman, yakni terjadinya kecelakaan kerja. Kondisi kerja yang aman tidak hanya mempunyai alat bagus ataupun mesin baru.


Namun kerjasama dari setiap individu tempat kerja merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Praktik keselamatan kerja atau penerapannya tidak bisa dipisahkan dari keterampilan kerja. Keduanya memang harus berjalan dan merupakan unsur esensial bagi kelangsungan kerja. Pekerjaan berbahaya dengan gaji besar harus disertai alat keselamat kerja terbaik.


Keselamatan kerja yang berlangsung dengan baik akan membawa dampak keamanan dan ketenangan. Sehingga proses produksi bisa berjalan dengan lancar selalu. Maka dari itu, pelatihan serta pembinaan alat keselamatan kerja k3 sangat diperlukan guna mencapai tujuan tersebut dengan baik.

6 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page